Skip to main content

Variable

Variable adalah salah satu elemen penting yang ada pada pada bahasa pemrograman. Variable dapat diandaikan seperti wadah untuk 'menampung' data. Baik itu data dari input user atau hasil dari suatu proses sebelum ditampilkan kepada user ataupun untuk digunakan untuk proses-proses selanjutnya. Data pada variable disimpan di lokasi memori pada komputer. Semakin banyak variable yang digunakan maka semakin banyak pula memori yang dipakai oleh si program.

Ada beberapa jenis data yang dapat langsung digunakan pada bahasa pemrograman Python dan Java. Kali ini saya akan menjelaskan tipe data angka terlebih dahulu. Pada Java, ada 2 jenis angka yang bisa di simpan ke dalam variable. Tipe data tersebut adalah bilangan bulat dan bilangan desimal (pecahan). Tipe data bilangan bulat di Java dinamai 'int' yang merupakan singkatan dari kata Integer, bilangan bulat. Tipe data ini memakan ruang memori sebesar 4 bytes. Sementara bilangan pecahan atau desimal dibagi lagi menjadi 2 jenis yaitu 'float' dan 'double'. Kedua tipe data tersebut bisa digunakan di Java untuk menyimpan data bilangan desimal. Perbedaan antara keduanya adalah jumlah presisi (angka dibelakang koma) yang bisa ditampung. Tipe data double dapat menyimpan angka desimal jauh lebih besar daripada tipe float. Tipe float memakan ruang memori sebesar 4 bytes, sementara double membutuhkan ruang sebesar 8 bytes. Beberapa fungsi di Java seperti fungsi square root, sin, cos, dan sebagainya mengembalikan data bertipe double untuk presisi yang tinggi pada perhitungan bilangan desimal. Berikut adalah contoh sintaks tipe data angka pada Java:

Python juga mendukung tipe data sama seperti pada Java. Namun, Python adalah bahasa pemrograman yang sangat dinamis. Kita tidak perlu mendefinisikan tipe data secara spesifik pada Python (bahkan tidak didukung sama sekali). Python secara otomatis akan menentukan tipe data yang cocok untuk suatu variable. Pada Python kita perlu berhati-hati pada tipe data yang dipakai sehingga ketika penulisan program tidak terjadi salah assignment tipe data seperti yang sering saya alami. Berikut contoh penggunaan tipe data angka pada Python:

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Materi-materi pemrograman lainnya akan menyusul. Sekian.

Comments

Popular posts from this blog

Solid State Drive

 Solid state drive (SSD) adalah perangkat penyimpanan yang menggunakan sirkuit elektronik, yang disebut juga memory flash, untuk menyimpan data secara permanen, berbeda dengan harddisk yang menggunakan piringan disk. SSD dikenal sebagai media penyimpanan yang lebih cepat dibandingkan harddisk serta lebih tahan terhadap guncangan ketika sedang digunakan. Solid State Drive (Sumber: unixplus.com) SSD menyimpan data menggunakan sel semikonduktor yang mana setiap selnya bisa menampung data sebanyak 1 hingga 4 bit. SSD yang menyimpan 1 bit di setiap sel dianggap sebagai yang paling durable, cepat, dan mahal dibandingkan dengan yang menyimpan data sebanyak 2-4 bit di setiap sel. Ada juga SSD yang dibuat dari RAM yang menyimpan data secara permanen menggunakan baterai sehingga RAM tersebut tetap meyimpan data walaupun arus listrik utama dimatikan. Yang terakhir ada teknologi gabungan antara SSD dan HDD yang dinamai SSHD yang bekerja dengan prinsip jika suatu data diakses lebih sering maka ...

Mengatasi Deadlock

Deadlock merupakan kodisi di mana beberapa proses meminta resource yang sedang digunakan oleh proses lain sedangkan proses yang sedang menggunakan resource yang diminta tersebut juga sedang menunggu proses lain yang sedang menggunakan resource yang juga diperlukan oleh proses itu. Setiap resource yang diminta hanya bisa diakses oleh satu proses dalam satu waktu. Misalnya program A ingin menggunakan resource 1 yang sedang digunakan oleh program B namun program B juga ingin menggunakan resource 2 yang sedang dipegang oleh program A. Program A dan B sama-sama menunggu untuk menggunakan resource yang diperlukan sehingga terjadi deadlock karena tidak ada yang bisa melakukan tugasnya. Berikut ini merupakan beberapa solusi yang digunakan untuk mengatasi deadlock yang terjadi pada suatu sistem. Ostrich Algorithm Disebut ostrich (burung unta) karena sebenarnya algoritma ini hanya mengabaikan kondisi deadlock yang terjadi. Burung unta jika ada badai maka akan memasukkan kepalanya ke dalam pasir/...

Sejarah Software Komputer

Software adalah perangkat yang dibuat untuk mengendalikan hardware komputer. Secara bahasa software dapat diartikan sebagai perangkat lunak. Software merupakan bagian yang wajib ada dalam suatu sistem komputer. Tanpa software, komputer bagaikan tubuh tanpa nyawa. Berikut ini adalah era-era software komputer dan penjelasannya. 1. Era Pioneer Pada era ini bentuk software komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi sehingga dapat merepresentasikan angka 0 dan 1. Di era ini software komputer masih sangat mengikat dengan hardware komputer. 2. Era Stabil Pada Era ini software komputer yang dijalankan bukan lagi satu software untuk satu komputer seperti di era sebelumnya, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data yang d...