Skip to main content

Selection

Adakalanya program yang kita buat harus melakukan pekerjaan yang berbeda jika menerima input yang berbeda dari user. Adakalanya juga kita harus menghentikan eksekusi program jika nilai yang tidak valid diberikan oleh user. Misalnya ada batas tinggi badan minimal untuk menaiki wahana roller coaster. Jika tinggi badan kurang dari x sentimeter, maka tidak boleh naik. Sebaliknya jika lebih atau sama dengan x, maka boleh naik. Berikut adalah contoh pemakaian statement pemilihan di bahasa Java dan Python.





Kedua program di atas melakukan hal yang sama. Pertama-tama, kita meminta nilai tinggi badan dari user. Setelah mendapatkan nilai tinggi badan, kita lalu mengecek nilai tersebut. Jika kurang dari 140, maka program akan menghasilkan "Maaf, anda tidak bisa menaiki wahana roller coaster". Sebaliknya, jika tinggi badan lebih dari atau sama dengan 140, maka blok kode else lah yang akan di eksekusi, yang menghasilkan "Selamat menikmati wahana roller coaster!"

Perlu diperhatikan di sini bahwa di Python, blok eksekusi kode ditandai dengan tanda tab atau spasi minimal 2, sementara di Java dibatasi dengan tanda kurawal buka dan tutup ({}).

Bagaimana jika kita ingin menambahkan syarat menaiki roller coaster yaitu umur minimal 15 tahun. Maka dapat kita tambahkan seperti ini.





Di sini, kita memakai operator AND karena kedua syarat untuk menaiki wahana roller coaster harus dipenuhi. Beda halnya jika kasusnya misalnya syarat menaiki gerbong krl khusus wanita.





Di sini contoh kasusnya mensyaratkan bahwa gerbong khusus wanita hanya bisa dinaiki oleh wanita atau anak laki-laki yang berusia dibawah 10 tahun. Selain mereka, tidak boleh ada yang menaiki gerbong tersebut.

Ada lagi contoh kasus penentuan nilai huruf berdasarkan nilai angka. Nilai A untuk nilai antara 90 - 100, nilai B antara 80 - 89, nilai C antara 70 - 79, dan nilai D antara 0 - 69. Berikut contoh kodenya.





Contoh di atas salah satu contoh penggunaan statement seleksi lebih dari 2 kondisi. Itulah beberapa contoh sederhana penggunaan statement if di bahasa Java dan Python. Semoga sampai di sini bisa dimengerti. Sekian.

Comments

Popular posts from this blog

Solid State Drive

 Solid state drive (SSD) adalah perangkat penyimpanan yang menggunakan sirkuit elektronik, yang disebut juga memory flash, untuk menyimpan data secara permanen, berbeda dengan harddisk yang menggunakan piringan disk. SSD dikenal sebagai media penyimpanan yang lebih cepat dibandingkan harddisk serta lebih tahan terhadap guncangan ketika sedang digunakan. Solid State Drive (Sumber: unixplus.com) SSD menyimpan data menggunakan sel semikonduktor yang mana setiap selnya bisa menampung data sebanyak 1 hingga 4 bit. SSD yang menyimpan 1 bit di setiap sel dianggap sebagai yang paling durable, cepat, dan mahal dibandingkan dengan yang menyimpan data sebanyak 2-4 bit di setiap sel. Ada juga SSD yang dibuat dari RAM yang menyimpan data secara permanen menggunakan baterai sehingga RAM tersebut tetap meyimpan data walaupun arus listrik utama dimatikan. Yang terakhir ada teknologi gabungan antara SSD dan HDD yang dinamai SSHD yang bekerja dengan prinsip jika suatu data diakses lebih sering maka ...

Mengatasi Deadlock

Deadlock merupakan kodisi di mana beberapa proses meminta resource yang sedang digunakan oleh proses lain sedangkan proses yang sedang menggunakan resource yang diminta tersebut juga sedang menunggu proses lain yang sedang menggunakan resource yang juga diperlukan oleh proses itu. Setiap resource yang diminta hanya bisa diakses oleh satu proses dalam satu waktu. Misalnya program A ingin menggunakan resource 1 yang sedang digunakan oleh program B namun program B juga ingin menggunakan resource 2 yang sedang dipegang oleh program A. Program A dan B sama-sama menunggu untuk menggunakan resource yang diperlukan sehingga terjadi deadlock karena tidak ada yang bisa melakukan tugasnya. Berikut ini merupakan beberapa solusi yang digunakan untuk mengatasi deadlock yang terjadi pada suatu sistem. Ostrich Algorithm Disebut ostrich (burung unta) karena sebenarnya algoritma ini hanya mengabaikan kondisi deadlock yang terjadi. Burung unta jika ada badai maka akan memasukkan kepalanya ke dalam pasir/...

Sejarah Software Komputer

Software adalah perangkat yang dibuat untuk mengendalikan hardware komputer. Secara bahasa software dapat diartikan sebagai perangkat lunak. Software merupakan bagian yang wajib ada dalam suatu sistem komputer. Tanpa software, komputer bagaikan tubuh tanpa nyawa. Berikut ini adalah era-era software komputer dan penjelasannya. 1. Era Pioneer Pada era ini bentuk software komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi sehingga dapat merepresentasikan angka 0 dan 1. Di era ini software komputer masih sangat mengikat dengan hardware komputer. 2. Era Stabil Pada Era ini software komputer yang dijalankan bukan lagi satu software untuk satu komputer seperti di era sebelumnya, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data yang d...