Skip to main content

Operator

Operator adalah sesuatu untuk melakukan operasi terhadap value yang disimpan. Contohnya pertambahan, pengurangan, perkalian, dsb. Operator dari matematika dan bahasa pemrograman ada beberapa kemiripan sehingga tidak terlalu sulit. Selain operator matematika, ada juga operator-operator lain yang sangat berguna dalam bahasa pemrograman yang akan saya bahas kali ini.

Operator Aritmetika
Operator aritmetika adalah operator yang digunakan untuk melakukan perhitungan matematis (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian). Tipe data yang bisa digunakan hanyalah tipe data numerik atau angka.

Operator pertambahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), pembagian (/), sisa bagi atau modulus (%) semuanya sama baik dalam bahasa Python dan Java. Di Java ada tambahan operator khusus yaitu increment (++), yang digunakan untuk menaikkan value bilangan bulat sebesar 1, dan decrement (--) yang digunakan untuk menurunkan value bilangan bulat sebesar 1.

Ada juga satu operator yang merupakan operator gabungan antara operator aritmatika dan assignment. Misalnya (a += 2) berarti variable 'a' dinaikkan nilainya sebesar 2 dan sebagainya.

Operator Relasional
Operator relasional adalah operator yang menyatakan hubungan antara satu operand dengan operand lainnya, apakah sama, lebih besar, lebih kecil, ataupun tidak sama dengan. Hasil yang diberikan dari operator ini berupa tipe boolean (true/false). Berikut adalah contohnya dalam bahasa Java:


Dan hasilnya:

Operator Logika
Operator ini digunakan untuk melakukan operasi terhadap tipe data boolean. Hasil yang diberikan dari operator ini juga bertipe boolean. Berikut adalah daftarnya dalam bahasa Java.


Operator AND akan memberikan nilai TRUE jika semua operand bernilai TRUE. Tidak boleh ada satupun operand yang bernilai FALSE. Operator OR adalah kebalikannya. Hanya perlu ada satu operand yang bernilai TRUE, maka hasilnya akan TRUE. Operator NOT hanya perlu minimal satu operand. Operator ini berfungsi untuk membalikkan nilai, TRUE menjadi FALSE, dan FALSE menjadi TRUE.

Dalam bahasa Python, logika operator ini sama namun ada perbedaan penulisan, yang menurut saya lebih jelas dan konkret.



Itulah beberapa contoh operator yang ada di bahasa Python dan Java. Sekian.

Comments

Popular posts from this blog

Solid State Drive

 Solid state drive (SSD) adalah perangkat penyimpanan yang menggunakan sirkuit elektronik, yang disebut juga memory flash, untuk menyimpan data secara permanen, berbeda dengan harddisk yang menggunakan piringan disk. SSD dikenal sebagai media penyimpanan yang lebih cepat dibandingkan harddisk serta lebih tahan terhadap guncangan ketika sedang digunakan. Solid State Drive (Sumber: unixplus.com) SSD menyimpan data menggunakan sel semikonduktor yang mana setiap selnya bisa menampung data sebanyak 1 hingga 4 bit. SSD yang menyimpan 1 bit di setiap sel dianggap sebagai yang paling durable, cepat, dan mahal dibandingkan dengan yang menyimpan data sebanyak 2-4 bit di setiap sel. Ada juga SSD yang dibuat dari RAM yang menyimpan data secara permanen menggunakan baterai sehingga RAM tersebut tetap meyimpan data walaupun arus listrik utama dimatikan. Yang terakhir ada teknologi gabungan antara SSD dan HDD yang dinamai SSHD yang bekerja dengan prinsip jika suatu data diakses lebih sering maka ...

Mengatasi Deadlock

Deadlock merupakan kodisi di mana beberapa proses meminta resource yang sedang digunakan oleh proses lain sedangkan proses yang sedang menggunakan resource yang diminta tersebut juga sedang menunggu proses lain yang sedang menggunakan resource yang juga diperlukan oleh proses itu. Setiap resource yang diminta hanya bisa diakses oleh satu proses dalam satu waktu. Misalnya program A ingin menggunakan resource 1 yang sedang digunakan oleh program B namun program B juga ingin menggunakan resource 2 yang sedang dipegang oleh program A. Program A dan B sama-sama menunggu untuk menggunakan resource yang diperlukan sehingga terjadi deadlock karena tidak ada yang bisa melakukan tugasnya. Berikut ini merupakan beberapa solusi yang digunakan untuk mengatasi deadlock yang terjadi pada suatu sistem. Ostrich Algorithm Disebut ostrich (burung unta) karena sebenarnya algoritma ini hanya mengabaikan kondisi deadlock yang terjadi. Burung unta jika ada badai maka akan memasukkan kepalanya ke dalam pasir/...

Sejarah Software Komputer

Software adalah perangkat yang dibuat untuk mengendalikan hardware komputer. Secara bahasa software dapat diartikan sebagai perangkat lunak. Software merupakan bagian yang wajib ada dalam suatu sistem komputer. Tanpa software, komputer bagaikan tubuh tanpa nyawa. Berikut ini adalah era-era software komputer dan penjelasannya. 1. Era Pioneer Pada era ini bentuk software komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi sehingga dapat merepresentasikan angka 0 dan 1. Di era ini software komputer masih sangat mengikat dengan hardware komputer. 2. Era Stabil Pada Era ini software komputer yang dijalankan bukan lagi satu software untuk satu komputer seperti di era sebelumnya, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data yang d...